Menu

Mode Gelap
Kasie Propam Polres Lhokseumawe Pimpin Giat Gaktiblin di Polsek Blang Mangat Kebakaran Melanda 10 Unit Ruko Semi Permanen di Aceh Utara Puluhan Jurnalis Pase Gelar Aksi Tolak Revisi RUU Penyiaran Polri siap menyasar jaringan Narkotika perairan Internasional melalui SATPOLAIRUD Kecelakaan Kerja, Basarnas Aceh Evakuasi 1 Orang Crew Kapal Tanker MV. Ocean Virginia Berbendera Panama 10 Rumah di Bener Meriah Ludes Dilalap “si Jago Merah”

Sumut

Polisi Periksa 16 Saksi Selidiki Kasus Kematian Wartawan Akibat Kebakaran Rumah di Karo

badge-check


					Kepala Bidang Humas Polda Sumatera Utara, Kombes Hadi Wahyudi. (istimewa) Perbesar

Kepala Bidang Humas Polda Sumatera Utara, Kombes Hadi Wahyudi. (istimewa)

Jakarta, harianpaparazzi.comPolda Sumatera Utara telah memeriksa 16 saksi terkait dengan kasus kematian wartawan Sempurna Pasaribu akibat kebakaran rumah di Jalan Nabung Surbakti, Kabupaten Karo, Sumut.

“Mereka sudah dimintai keterangan, baik dari keluarga maupun orang yang melihat kebakaran,” kata Kepala Bidang Humas Polda Sumatera Utara, Kombes Hadi Wahyudi di Medan, dilansir dari Antara, Rabu (3/7/2024).

Hadi mengatakan bahwa penyelidikan dan penyidikan kasus tersebut masih terus berjalan, termasuk mendalami penyebab kebakaran rumah wartawan Tribrata TV yang menewaskan empat orang tersebut. Dalam kasus ini, pihaknya melakukan penyelidikan berdasarkan fakta-fakta yang ada di lapangan.

“Tidak berdasarkan opini ataupun asumsi, tetapi semua kami buktikan secara ilmiah,” ucap Hadi.

Oleh karena itu, kata dia, tim laboratorium forensik, Inafis, Direktorat Kriminal Umum Polda Sumut, dan Polres Tanah Karo terus bekerja.

“Autopsi sudah dilakukan oleh tim dengan penyebab kematian karena terbakar. Selain itu, ada isu istrinya hamil ternyata mengalami penyakit kista,” tambah dia.

Sebelumnya, Anggota Dewan Pers, Totok Suryanto membeberkan hasil investigasi Komite Keselamatan Jurnalis (KKJ) Sumatera Utara terkait kasus kebakaran rumah yang menewaskan Rico Sampurna Pasaribu dan keluarga di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Dari hasil temuan, ada dugaan keterlibatan oknum Tentara Nasional Indonesia (TNI) atas kebakaran itu, setelah Rico memberitakan kasus perjudian.

“Dari hasil investigasi ditemukan sejumlah fakta, bahwa kasus kebakaran yang menewaskan 4 orang tersebut terjadi setelah korban yaitu Rico Sampurna Pasaribu memberitakan perjudian yang ada di Jalan Kapten Bom Ginting, Kabupaten Karo Sumatera Utara dan diduga melibatkan oknum TNI,” kata Totok saat jumpa pers di kantor Dewan Pers, Jakarta, Selasa (2/7/2024).

“Dewan Pers sangat menyesalkan terjadinya kebakaran yang merenggut nyawa tersebut,” ucap Totok.

Totok menyebut ada dua versi berbeda yang atas kebakaran itu. Versi tim KKJ menyatakan, ada dugaan keterlibatan oknum TNI terkait dengan pemberitaan perjudian yang terjadi di rumah oknum tersebut.

Versi lain menyatakan, ada ceceran bensin di rumah korban yang menyulut bara api. Korban sendiri diketahui berjualan bensin di rumahnya.

“Atas kejadian tersebut Dewan Pers meminta Kapolri bersama Kapolda Sumatera Utara membentuk tim penyelidikan yang bersikap adil dan imparsial dalam mengusut kasus ini,” kata Totok.

Dia menambahkan, Dewan Pers juga akan membentuk tim investigasi bersama yang melibatkan aparat dan unsur jurnalis atau KKJ. (net)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Panglima Tegaskan Anggota TNI Tidak Terlibat Pembakaran Rumah Wartawan di Karo

10 Juli 2024 - 13:09 WIB

Vonis Bebas Eks Bupati Langkat di Kasus TPPO Tuai Kritikan

10 Juli 2024 - 11:04 WIB

Dalam 10 Bulan, Polisi Sita 4,4 Ton Sabu dan Tangkap 38.194 Tersangka Narkoba

9 Juli 2024 - 20:04 WIB

Korban Pertimbangkan Seret Kasus Pelecehan Seksual Ketua KPU ke Ranah Pidana

4 Juli 2024 - 00:49 WIB

Polda Aceh Berhasil Ungkap Peredaran 31 Kg Sabu Jaringan Internasional

6 Juni 2024 - 11:55 WIB

Trending di Aceh